Pengembangan Kepemimpinan

Chan Furniture Putatan menjual perabot serta barangan elektrik terpakai di seluruh Malaysia Khususnya Di Putatan. Kami mengutamakan kualiti dan menjamin kepuasan pelanggan kami. Harga yang ditawarkan semestinya mengikut keperluan pelanggan kami. Murah, Dekat Dan Berkualiti. Kunjungi Kapi Enterprise, pilihan terbaik anda!!

Kepemimpinan, apa itu dan apa perbedaan antara menjadi manajer dan menjadi pemimpin?. Definisi kepemimpinan, tidak ada satu definisi pun yang disepakati semua orang. Manfred Kets de Vries, seorang profesor di INSEAD, mengatakan bahwa kepemimpinan adalah seperangkat karakteristik, pola perilaku, atribut kepribadian yang membuat individu tertentu lebih efektif dalam mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan.

Lima Penyebab Gagalnya Program Pengembangan Kepemimpinan – IntiPesan.com

Cara lain untuk menggambarkan kepemimpinan adalah dengan mengatakan bahwa, untuk mendapatkan yang terbaik dari orang, individu, tim, organisasi, mereka perlu dipimpin, dibimbing, dibujuk, dimotivasi, diilhami, berkomitmen, melakukan yang terbaik, bekerja sama. untuk mencapai suatu tujuan bersama. Ini, daripada pendekatan manajemen murni yang diberitahu, diarahkan, diperintahkan, dan diperlakukan sebagai bawahan.

Pemimpin sejati diakui sebagai pemimpin, dan pengikut mereka menerima bahwa mereka perlu dibimbing oleh pemimpin itu, tetapi mereka tidak merasa bahwa mereka hanyalah bawahan. Contoh yang baik adalah kapten tim olahraga – hoki, bisbol, bola jaring, kriket, sepak bola, sepak bola, atletik – ini adalah individu yang memiliki peran individu untuk dimainkan, namun menemukan waktu dan cara untuk memotivasi dan mendorong orang lain untuk melakukan yang terbaik , untuk menggunakan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman individu mereka sendiri (mencetak gol, bertahan, memenangkan balapan, memukul home run) sementara pada saat yang sama bekerja sama sebagai anggota tim untuk mencapai tujuan tim.

Ada cara lain untuk mendefinisikan kepemimpinan, manajer melakukan transaksi, dan pemimpin membawa transformasi.

Manajer transaksional mempengaruhi orang lain dengan menarik kepentingan pribadi, terutama melalui pertukaran penghargaan dan layanan. Hubungan antara tipe manajer dan pengikut ini dilihat sebagai serangkaian pertukaran rasional yang memungkinkan masing-masing untuk mencapai tujuan mereka sendiri.

Manajer transaksional menyediakan semua ide dan menggunakan penghargaan sebagai sumber kekuatan utama mereka. Pengikut mematuhi pemimpin ketika itu untuk kepentingan mereka sendiri – hubungan berlanjut selama hadiah diinginkan oleh pengikut, dan baik manajer maupun pengikut melihat pertukaran sebagai cara untuk mencapai tujuan mereka sendiri.

Pemimpin transformasional mengilhami pengikut untuk tidak hanya melakukan seperti yang diharapkan, tetapi melebihi harapan – pemimpin transformasional memotivasi pengikut untuk bekerja untuk tujuan yang melampaui kepentingan pribadi langsung, di mana apa yang benar dan baik menjadi penting – para pemimpin ini mengubah kebutuhan, nilai, preferensi dan aspirasi pengikut. Mereka melakukan ini agar kepentingan kelompok yang lebih luas menggantikan kepentingan pribadi individu dalam kelompok itu.

4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan

Sangat menarik bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa cara pemimpin perempuan menggambarkan bagaimana mereka berperilaku, memimpin, sejalan dengan gaya transformasional, sedangkan kebanyakan pemimpin laki-laki ketika menggambarkan diri mereka menggunakan kata-kata dan frase yang menggambarkan gaya transaksional.

Tentu saja ada pengecualian, dan dalam beberapa situasi pemimpin dapat dipandang secara berbeda oleh kelompok yang berbeda. Banyak orang di Inggris tidak akan menggambarkan Margaret Thatcher sebagai gaya transformasional, tetapi lebih mungkin mereka akan menggunakan kata-kata seperti diktator, mendominasi, kasar terhadap lawan, namun yang lain, di tim dekatnya misalnya, menggambarkannya sebagai karismatik, motivasi, inspiratif, baik, suportif.

Kita dapat melihat dari pandangan Kepemimpinan ini bahwa ada cara berbeda untuk menggambarkan apa yang dilakukan seorang pemimpin, dan bagaimana, setidaknya dalam beberapa hal, ini berbeda dengan bagaimana seorang manajer berperilaku. Individu yang diakui sebagai pemimpin membuat jelas bahwa ada perbedaan besar dalam cara di mana pemimpin tertentu berperilaku.

Di permukaan, ada perbedaan besar antara gaya kepemimpinan Perdana Menteri Thatcher, dan gaya kepemimpinan industrialis India Rajiv Bajaj. Namun keduanya secara luas diakui sebagai pemimpin yang sangat sukses. Faktor umum, tampaknya, adalah bahwa semua mampu membujuk orang lain untuk mengikuti mereka, untuk mencapai kesuksesan di bidangnya masing-masing.

Mereka semua memiliki sesuatu yang menyatukan orang-orang yang beragam, untuk bekerja sebagai sebuah tim, untuk membidik dan bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama. Mungkin itu adalah bakat khusus, atau karakteristik, atau ciri kepribadian, atau serangkaian keadaan yang mereka hadapi, atau mungkin kombinasi dari semua ini. Mungkin para pemimpin dilahirkan dengan kemampuan ini, mungkin itu adalah sesuatu yang bisa, atau harus, dipelajari.

Leave a Comment